Home » » Masyarakat Indonesia Harus Mengenal dan Belajar Coding

Masyarakat Indonesia Harus Mengenal dan Belajar Coding

Masyarakat Indonesia Harus Mengenal dan Belajar Coding - Tren menjadi pengusaha di bidang teknologi informasi di kalangan pengembang aplikasi di Indonesia hingga kini semakin menjamur. Banyak pengembang aplikasi di Indonesia, terutama yang masih muda, membuat produk aplikasi tersendiri dan ingin produknya sukses serta digunakan oleh banyak orang.

Sebagai contoh GoJek yang menjadi trending topic beberapa saat ini. GoJek menyentuh langsung masyarakat dan kehadirannya sangat membantu. Sehingga akhirnya GoJek pun men-disturb industri transportasi. Dan seperti yang kita tahu GoJek adalah aplikasi smartphone yang dibuat dengan coding. Jadi coding tidak hanya berhenti di dunia komputer dan ponsel saja. Masih banyak industri lainnya di Indonesia yang masih bisa ditingkatkan produktifitasnya. Menurut Ganis, Founder CodeSaya, software dan aplikasi lainnya akan bermunculan, karena permintaan yang banyak sekali.
“Belum lagi jika kita bicara software untuk government atau pemerintah. Semoga ke depannya itu semua bisa dibuat oleh anak bangsa dan tidak hanya sekedar impor,” tutur Ganis.

Tren pemograman di kalangan muda Indonesia semakin baik. Anak-anak muda ini telah menyadari pentingnya coding dalam membantu mereka memperoleh keterampilan mendasar, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menjadi sukses di masa depan.

Survei yang dilakukan Microsoft di bulan Februari 2015, di beberapa negara kawasan Asia Pasifik menunjukkan mayoritas siswa, termasuk Indonesia, ingin pelajaran coding ada di sekolah.

Hasilnya, 72 persen dari siswa yang disurvei menginginkan bisa tahu lebih banyak mengenai coding dan pelajarannya di sekolah. Hal tersebut menyiratkan banyak anak Indonesia yang semakin sadar dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Dari pihak pemerintah sendiri mulai mengapresiasi gerakan coding. Terlihat, baru-baru ini diadakan hackaton yang pertama di Istana. Ini mengindikasikan bahwa ada tindakan nyata dari pemerintah guna mendorong perkembangan coding di Tanah Air. Sementara dari sektor swasta, sudah ada sekolah coding khusus anak yang bernama CodingIndonesia.

Untuk perbandingan dengan luar, di Amerika, sudah ada 27 negara bagian yang memasukan coding sebagai pelajaran di sekolah. Bahkan di UK, orang tua lebih memilih anaknya untuk belajar coding dibandingkan belajar bahasa Prancis.

Akan tetapi sebaiknya jangan dibandingkan dengan negara maju, mari bandingkan dengan negara tetangga saja dulu. “Secara sekilas sepertinya kita ketinggalan dengan Vietnam ataupun Thailand apalagi dengan Singapura. Semoga ke depannya kita bisa mengejar ketertinggalan kita,” harapnya.

URL: http://selular.id/yMHa1N
Thanks for reading Masyarakat Indonesia Harus Mengenal dan Belajar Coding

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar: